Perlunya Penjara Khusus Kejahatan Narkoba?

Penindakan hukum terhadap pelaku penyalahgunaan, bandar dan mafia narkoba -yang pada akhirnya berkaitan dengan lembaga pemasyarakatan (la...

Penindakan hukum terhadap pelaku penyalahgunaan, bandar dan mafia narkoba -yang pada akhirnya berkaitan dengan lembaga pemasyarakatan (lapas)- selama ini penanganannya tidak maksimal, tidak membuat efek jera. Kenapa? Karena, situasi kondisi lapas yang tidak memadai. Kedua, memang petugas yang kurang. Ketiga, memang faktor masalah sistem pengawasan, sistem hukum di Indonesia yang belum bisa melakukan penindakan yang tegas, sehingga lapas-lapas justru menjadi tempat peredaran narkotika.
Oleh sebab itu, salah-satu upaya yang harus dilakukan oleh BNN, termasuk Kementerian Hukum dan HAM (Pemerintah), harus kita carikan solusi pemecahan. Kita tidak terpaku kepada lapas yang ada sekarang. Kita harus buat terobosan yaitu menggunakan pulau untuk pelaku yang sudah mendapatkan putusan hukuman yang tetap.
Nah, bagaimana supaya mereka tidak terkontaminasi, penjagaan salah-satunya adalah memanfaatkan binatang buaya. Bagaimana penjara ini diawasi oleh lingkaran kolam yang isinya buaya. Termasuk nanti kita juga gunakan ikan piranha. Tujuannya, agar pelaku tidak bisa melarikan diri, tidak bisa bekerja sama dengan oknum petugas lapas. Kalau mau melarikan diri, pasti dia akan menghadapi binatang.
Ini pemikiran yang berproses, berjalan. Tim BNN dan Menkumham sedang bekerja sama. Dan ini atas perintah Presiden untuk dijajaki. Bisa tidak itu dilaksanakan. Tentunya, kita akan berhitung, bagaimana sistemnya, penggunaannya, pembiayaannya. Kita hitung betul. Artinya, kita tidak sembarang-sembarang melakukan langkah-langkah ini.
Di luar lingkungan luar lapas, selain ada kolam yang isinya buaya, kemungkinan sub berikutnya kita membuat kolam isinya ikan piranha, lalu sub berikutnya kita lepas harimau, atau binatang buas (lain). Ini semuanya dalam rangka melakukan pengawasan terhadap pelaku yang sudah memiliki ketetapan hukum tetap. Ini berlaku bagi yang rentan atau sensitif bisa melakukan kejahatan lagi. Karena, ini kejahatan luar biasa, sehingga penanganannya harus luar biasa.
Saya kira dengan satu binatang buaya di kolam, merupakan satu langkah yg tidak memungkinkan seseorang bisa menerobos. Lagi pula dengan menghadirkan buaya, ini kan sekaligus melestarikan bintang itu. Tempat penangkarannya di sebuah lapas untuk penjagaan. Jadi ini efektif guna. Saya mengacu kepada negara tetangga, kenapa hukum kita lemah khususnya dalam masalah narkotika. Inilah yang berdampak pada makin besarnya pengguna, makin leluasa dan bebasnya bandar narkoba. Malaysia dan Singapura, pengguna (narkoba) itu dihukum mati, apalagi bandarnya. Dampaknya jelas, masyarakat Singapura dan Malaysia tidak berani menyalahgunakannya.
Kalau di Indonesia, bandar narkoba bebas sekali. Contoh Freddy Budiman (terpidana bandar narkoba), yang sudah dijatuhi hukuman (mati), (dulu) dia masih bebas melalukan kegiatan di lapas dengan menggerakkan jaringannya di luar lapas. Karena dia yakin hukum di Indonesia lemah, tidak berjalan. Oknum bisa dipengaruhi materi. Inilah yang perlu kita pikirkan.
Tapi konstruksinya, bandar narkoba ini melakukan pembunuhan massal terhadap generasi muda dengan cara mengedarkan narkoba. Data di Indonesia, setiap hari ada 30-40 orang meninggal dunia akibat penyalagunaan narkotika. Ini akibat para pelaku bandar dalam mengedarkan narkotika, dan ini ancaman. Mereka betul-betul pelaku pembunuhan dan ini sifatnya massal.
Sumber:
Rangkuman Wawancara Mantan Kepala BNN Budi Waseso
https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/12/151222_indonesia_budi_waseso

COMMENTS

Name

antinarkoba,18,artikel,14,berita,3,edukasi,5,fokus,3,kampanye,5,opini,8,pecandu,1,pencegahan,1,peraturan,1,rehab,1,rehabilitasi,1,relawan,4,stopnarkoba,15,
ltr
item
Blog Anti Narkoba: Perlunya Penjara Khusus Kejahatan Narkoba?
Perlunya Penjara Khusus Kejahatan Narkoba?
http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/20140618_145443_ilustrasi-penjara.jpg
Blog Anti Narkoba
https://blog.antinarkoba.com/2019/02/perlunya-penjara-khusus-kejahatan.html
https://blog.antinarkoba.com/
https://blog.antinarkoba.com/
https://blog.antinarkoba.com/2019/02/perlunya-penjara-khusus-kejahatan.html
true
3912203450734750626
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy