Peranan Pendidikan dalam Mengatasi Penyalahgunaan Narkoba

Maraknya kasus narkoba belakangan ini, terutama yang mengincar anak-anak dan remaja dilingkungan sekolah. Tak urung membuat masyarakat da...

Maraknya kasus narkoba belakangan ini, terutama yang mengincar anak-anak dan remaja dilingkungan sekolah. Tak urung membuat masyarakat dan pemerintah resah, sebab dengan ketergantungan memakai narkoba mereka akan semakin sering menyalahgunakan akan semakin tergantung dengan narkoba.

Penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan dampak kerugian terhadap kondisi kesehatan jasmani seorang juga psikis pemakainya. Perubahan psikis sering menimbulkan kendala hubungan sosial bagi penyalahguna narkoba dalam keluarga maupun masyarakat umum disekitarnya.
Seorang penyalahguna narkoba tidak akan hidup normal layaknya anggota masyarakat lainnya. Mereka biasanya mempunyai tingkah laku yang aneh dan menciptakan ketergantungan fisik dan psikologis pada tingkatan yang berbeda. Ketergantungan berarti mereka tidak dapat hidup tanpa menggunakan narkoba. Ketergantungan tersebut menyebabkan timbulnya rasa sakit jika ada upaya mengurangi penggunaan narkoba atau bahkan menghentikannya.
Sedang ketergantungan secara psikologis dapat menimbulkan tingkah laku yang kompulsif untuk memperoleh barang-barang haram tersebut. Bahkan sering kali penyalahguna akan melakukan tindakan keriminal untuk memperoleh uang yang kemudian digunakan buat membeli narkoba.

Dalam masalah penanggulangan narkoba, sekolah dan universitas memegang peranan penting karena sekolah dan universitas merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda yang sering dijadikan sasaran. Berdasarkan data yang terpercaya diketahui tersangka penyalahguna narkoba di lingkungan sekolah meningkat dari tahun ke tahun.

Sekolah sebagai institusi dan lembaga pendidikan memiliki empat komponen penting. 
Pertama, sekolah menyediakan kerangka kerja bagi perencanaan, pengimplementasian dan pengevaluasian dalam upaya pencegahan dan pengurangan penyalahgunaan drug (termasuk alkohol dan rokok). Kedua, sekolah menyediakan lingkungan fisik dan sosial bagi pengembangan kesehatan siswa berkaitan dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai sesuai dengan jenjang pendidikan. Ketiga, membantu siswa berperilaku (skills-based drug education) dan menciptakan kondisi yang sehat bagi siswa. Sekolah berperan dalam membentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan remaja nantinya dalam memilih dan mengambil keputusan untuk tidak menggunakan drug.
Pemerintah melalui Kemdiknas salah satu tugas dan fungsinya untuk melakukan pencegahan narkoba khususnya di lingkungan sekolah dan universitas. Pencegahan berbasis sekolah dan universitas (School Based Prevention) mudah dilaksanakan karena sekolah dan universitas lebih berstruktur sehingga mudah diadakan pengawasan meskipun dilakukan secara komprehensif dan terpadu.
Biasanya, mereka yang terkena narkoba di sekolah dan universitas umumnya berawal dari merokok. Bahkan, anak-anak yang potensial menjadi penyalahguna narkoba biasanya berawal dari kebiasaan merokok kemudian meningkat dengan mencoba-coba mengisap/mengkonsumsi narkoba.
Kemdiknas sebagai lembaga pemerintah yang ditugasi menangani masalah pendidikan telah menyatakan perang melawan narkoba dan sebagai salah satu wujud nyatanya dengan mengkampanyekan anti narkoba serta membentuk lembaga kebugaran jasmani yang bertugas mengurusi masalah narkoba.
Program pendidikan yang efektif dan luas merupakan bagian yang penting dari tindakan penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pencegahan melalui pendidikan sebagai sebuah proses berkesinambungan dengan tujuan menghindari narkoba. Kurikulum dan program yang dikembang sebagai bagian dari strategi nasional untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.
Oleh karena itu system pendidikan dan motivasi guru merupakan hal penting yang tidak akan diabaikan untuk dapat menjamin siswa-siswinya serta mahasiswa secara efektif menolak narkoba dan memilih cara hidup sehat. Dengan demikian perlu disiapkan materi pengajaran masalah keuntungan cara hidup sehat bebas dari narkoba. Namun yang terjadi yang menjadi kendala di dunia pendidikan sekarang belum seluruh guru mempunyai pengalaman dan pengetahuan dasar tentang narkoba.

Pencegahan Berbasis Sekolah

Pencegahan berbasis sekolah (School Based Prevention) lebih mudah dilaksanakan dikarena sekolah lebih berstruktur sehingga dapat diadakan pengawasan meskipun dilaksanakan secara komprehensif dan terpadu. Dalam melaksanakan pendidikan pencegahan di sekolah dalam kurikulum maupun kegiatan exstrakurikuler yang menyangkut upaya meningkatkan kualitas hidup secara bertahap disisipkan pengetahuan atau pelajaran yang bertujuan untuk mensisialisasikan kebijakan penanggulangan dan bahaya penyalahgunaan narkoba.
Dalam pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungan sekolah perlu diadakan langkah-langkah, sebagai berikut antara lain menilai besar dan luasnya masalah dan mengembangkan mekanisme pengawasannya. Tetapkan kebhijakan yang jelas dan konsisten yang berlaku bagi siswa, guru dan semua personil di lingkungan sekolah yang menyelesaikan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah tidak di benarkan.
Menyelenggarakan program bantuan/pendukung anak-anak sejak TK sampai dengan mahasiswa, antara lain kelompok belajar, kegiatan-kegiatan alternative, konseling untuk teman sebaya, ketrampilan, kerja bakti social dan lain-lain. Kemudian mengharapkan partisipasi orang tua, dan pendekatan terpadu sekolah dan masyarakat.

Peran pengajar dan orang tua serta mahasiswa

Guru dan Dosen mempunyai tangung jawab dan kewajiban mendidik murid atau mahasiswanya berhasil menyelesaikan studinya. Dan merasa malu bilamana ada murid atau mahasiswanya gagal terutama karena ikut terlibat perkara Narkoba. Oleh karenanya guru dan dosen harus terpanggil turut serta dalam upaya mencegah dan memberantas Penyalahgunaan Narkoba.terusik bilamana terjadi perkara, Narkoba. Oleh karenanya guru/dosen mempunyai kewajiban berperan serta dalam upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan Narkoba

Kalau seorang anak dan satu keluarga baik sebagai pelajar, mahasiswa, maupun sebagai pemuda generasi penerus Bangsa seperti ini, bagaimana mungkin dia calon pemimpin Bangsa Indonesia. Tentunya orang tua yang menanggung resikonya terutama dalam hal penilaian masyarakat, orang tua tersebut gagal dalam membina keluarga. Bahkan dari diri orang tua tersebut merasa malu dengan tetangga atau sanak famili bilamana diketahui ada putera / anaknya terlibat Narkoba.Dengan uraian di atas diharapkan seluruh Bangsa Indonesia mempunyai persamaan kehendak harus bertekad dan berkata “Katakan Tidak Pada Narkoba”.

Para orang tua berkepentingan dalam membina dan menyelamatkan kelangsungan ketentraman keluarga dan lingkungan sekitarnya. Karena orang tua yang pertama merasakan keharmonisan keluarga bilamana ada salah seorang dari anaknya terlibat perkara Narkoba. Anak terlibat Narkoba maka orang tua yang susah.

Dengan demikian orang tua berkewajiban untuk membina putera / puterinya agar tidak terlibat Narkoba, namun bilamana ada dari putera / puterinya sebagai pengguna Narkoba maka orang tua wajib dan berhak melaporkannya kepada yang berwajib serta sedini mungkin membawa anak ke Rumah Sakit / tempat rehabilitasi.

Mahasiswa harus menjadi panutan dan generasi penerus untuk memberikan pengabdiannya kepada masyarakat, Bangsa, dan Negara sesuai dengan Tri Darma Pendidikan yang diemban oleh setiap Mahasiswa, bertugas :Menghindari diri dari Penyalahgunaan Narkoba,Memperhatikan kegiatan teman mahasiswanya agar tidak terlibat Penyalahgunaan Narkoba, Memberi nasehat dan penyuluhan kepada rekan mahasiswanya untuk menjauhi Penyalahgunaan Narkoba,Memberitahukan kepada Dosen atau Rektorat serta orang tua mahasiswa tentang keterlibatan temannya Penyalahgunaan Narkoba atau Perbuatan Tawuran dan Anarkis. Turut serta di lingkungan tempat tinggalnya sebagai warga negara yang baik memberikan penyuluhan dan penerangan tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Melaporkan kepada Kepolisian setempat bilamana mengetahui, melihat, dan mendengar tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba.

Dari pembahasan-pembahasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa sekolah dan universitas mempunyai peranan penting selain hal mendidik, yaitu peranan dalam pencegahan narkoba.
Selain guru dan dosen di sekolah dan universitas, orang tua juga mempunyai peranan penting dalam pencegahan narkoba, antara lain:
1. mengasuh anak dengan baik
2. mampu memberikan dorongan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak
3. komunikasi
4. penanaman disiplin sejak dini

Dalam melaksanakan pendidikan pencegahan di sekolah dalam kurikulum maupun kegiatan exstrakurikuler sebaiknya menyangkut upaya meningkatkan kualitas hidup secara bertahap disisipkan pengetahuan atau pelajaran yang bertujuan untuk mensisialisasikan kebijakan penanggulangan dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sumber: http://hamlandz.blogspot.co.id

COMMENTS

Name

anti narkoba,1,antinarkoba,22,artikel,16,berita,5,duta anti narkoba,1,edukasi,7,fokus,3,kampanye,7,opini,11,pecandu,1,pencegahan,1,peraturan,2,rehab,1,rehabilitasi,1,relawan,6,stopnarkoba,18,
ltr
item
Blog Anti Narkoba: Peranan Pendidikan dalam Mengatasi Penyalahgunaan Narkoba
Peranan Pendidikan dalam Mengatasi Penyalahgunaan Narkoba
https://www.ahlulbaitindonesia.or.id/berita/wp-content/uploads/2018/03/sekolah.jpg
Blog Anti Narkoba
https://blog.antinarkoba.com/2019/02/peranan-pendidikan-anti-narkoba.html
https://blog.antinarkoba.com/
https://blog.antinarkoba.com/
https://blog.antinarkoba.com/2019/02/peranan-pendidikan-anti-narkoba.html
true
3912203450734750626
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy