Pentingkah Pendidikan Anti Narkoba, Sebagai Kurikulum Pendidikan disekolah?

Persoalan Narkoba hingga kini masih belum usai, tantangan-tantangan dunia luar justru semakin dihadapkan pada persoalan Gaya hidup genera...

Persoalan Narkoba hingga kini masih belum usai, tantangan-tantangan dunia luar justru semakin dihadapkan pada persoalan Gaya hidup generasi muda sekarang. Ada banyak hal yang justru menjadi perhatian serius bagi pemerintah saat ini. Pemerintah begitu gencar menyuarakan Anti Narkoba dan Anti narkoba. Lalu dengan apa caranya? Apa yang sudah dilakukan untuk membebaskan bangsa ini dari ancaman yang merusak masa depan bangsa ini? Menarik untuk menjadi fokus pemerintah sesungguhnya. Cara apa untuk memerangi narkoba ini? Sebatas Himbauan kah? Sosialisasi melalui spanduk, baliho, Iklan layanan masyarakat kah? Mungkin cara itu tampaknya sudah terlalu kuno untuk diterapkan pada Era semacam ini yang para generasi muda nya lebih percaya pada dunia luar dan gaya hidup yang salah.

Sudah saatnya pemerintah menyiapkan semacam formula yang tepat untuk memberantas penyakit yang sudah Klimaks ini. Narkoba menggerogoti pikiran-pikiran generasi muda yang nantinya sangat dibutuhkan bagi kemajuan bangsa ini. Wajar saja jika narkoba ini berkembang pesat bak bisnis properti di negeri ini. Sebenarnya kita hampir melupakan hal terpenting untuk memberantas narkoba. Narkoba tidak akan mungkin hilang begitu saja dengan cara penangkapan, penggerebekan atau cara apapun itu namanya. Namun seharusnya hal itu harus didasari dengan pembekalan pada generasi muda kita sekarang yang didapat dari lingkungan dia bersosialisasi yaitu Sekolah.

Apakah sebatas itu? Jika pemberantasan dan penanggulangan ancaman narkoba itu dimulai dari sekolah  seperti diusulkannya Pendidikan anti narkoba sebagai salah satu Mata pelajaran disekolah dan sangat efektif apabila mata pelajaran ini sebagai mataa pelajaran penentu kelulusan bagi generasi muda untuk mepersiapkan hal yang lebih baik lagi bagi negeri ini.Dan seandainya usulan ini diperkuat dengan cara pemerintah sebelumnya seperti sosialisasi  baik dalam bentuk baliho atau spanduk semakin baik jika sudah dilandasi dengan pendidikan anti narkoba di lingkungan sekolah . Siswa dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan seputar bahaya dan ancaman narkoba serta jenis-jenis narkoba yang ada pada lingkungan masyarakat sehingga ia mampu membentengi dirinya dengan pengetahuan/ Knowledge yang baik.

Nantinya jika usulan seperti ini mendapat respon yang baik dari pemerintah, alangkah baiknya jika Pendidikan anti narkoba masuk menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia, dan memuat materi bahan ajar mengenai Jenis-jenis narkoba yang beredar di lingkungan masyarakat, Ancaman dan dampak dari narkoba, Pendidikan karakter dan semakin baik jika diakhir semester para siswa diajak melihat atau berkunjung langsung ke Tempat Rehabilitasi pemakai narkoba atau berkunjung kerumah tahanan narkoba agar teori-teori yang sudah didapat dari sekolah semakin dikuatkan dengan melihat langsung seperti apa Dampak dari narkoba itu sendiri dan bagaimana proses Hukum untuk kasus narkoba itu.

Selain itu Guru juga harus ditempah secara profesional dan diberi pembekalan mengenai bahaya ancaman narkoba dengan cara megikuti Training selama  1-2 Bulan, nantinya guru akan mendapat pengetahuan baik secara teori yang didapat dari BNN ataupun Kepolisian untuk diberi pembekalan sehingga semua ini dapat bersinergi sebagai upaya pemberantasan narkoba yang dimulai dari Pendidikan anti narkoba di lingkungan sekolah.Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. 

Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas,pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela.Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. 

Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. Kalau dirata- ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar anak didik kita kapan saja


Sumber:
https://www.kompasiana.com/kompasianacomikhsandino/58fc169f2e7a61a73ef2ce83/pentingkah-pendidikan-anti-narkoba-sebagai-kurikulum-pendidikan-disekolah.

COMMENTS

Name

antinarkoba,19,artikel,15,berita,4,edukasi,5,fokus,3,kampanye,5,opini,9,pecandu,1,pencegahan,1,peraturan,1,rehab,1,rehabilitasi,1,relawan,4,stopnarkoba,15,
ltr
item
Blog Anti Narkoba: Pentingkah Pendidikan Anti Narkoba, Sebagai Kurikulum Pendidikan disekolah?
Pentingkah Pendidikan Anti Narkoba, Sebagai Kurikulum Pendidikan disekolah?
https://www.komnasham.go.id/files/20160502-hari-pendidikan-nasional-penuhi-$I33VS.jpg
Blog Anti Narkoba
https://blog.antinarkoba.com/2019/01/pentingkah-pendidikan-anti-narkoba.html
https://blog.antinarkoba.com/
https://blog.antinarkoba.com/
https://blog.antinarkoba.com/2019/01/pentingkah-pendidikan-anti-narkoba.html
true
3912203450734750626
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy